Definisi: Manajemen proyek IT adalah proses dimana untuk perencanaan, pengoragnisasian, pengarahan, pengawasan usaha anggota organisasi dan pengguanaan sumber daya lainnya untuk mencapai tujuan yang sudah di tetapkan.
lalu dengan pencarian titik temu :
ruang lingkup, jadwal, biaya, kualitas, requirements dari pihak yang memberikan proyek disebut dengan Project Triangle yaitu faktor yang berperan dalam pelaksanaan proyek
Gambar Project Triangle |
- Waktu (time) adalah: jadwal dan pembagian tugas.
- Pendanaan (money) adalah: sumberdaya utk menjalankan tugas.
- Ruang lingkup (scope) adalah: tujuan (goal/visi) dan produk (deliverables) dari proyek dan menuju pada penilaian performance dari sebuah proyek secara keseluruhan.
- Quality yaitu kualitas dari produk yang sudah jadi.
keuntungan dari penerapan manajemen proyek TI antara lain:
- Effisiensi – baik dari sisi biaya, waktu dan sumber daya
- Meningkatnya kualitas dan produktifitas
- Meningkatnya relasi dengan customer
- Mencapai keuntungan maksimal, serta
- Koordinasi internal yang lebih baik sehingga terjadi peningkatan semangat, tanggung jawab dan loyalitas terhadap proyek.
KARAKTERISTIK PROYEK IT adalah:
Dengan adanya Proyek IT misal seorang manager IT harus bisa menganalisis tingkat karakteristik sesuai dengan
kesulitan dan kompleksitas Proyek IT dengan menganalisis karakteristik Proyek IT yaitu:
- INVISIBILILITY yaitu bentuk fisik dari proyek IT yang kadang-kadang tidak bisa dilihat sehingga agak susah untuk menganalisa kemajuannya. contoh: upgrade PC
- COMPLEXITY yaitu proyek IT memiliki sifat yang lebih kompleks di banding dengan proyek rekayasa yang lainnya. misal untuk sumber daya dan pendanaan sebuah proyek IT . contoh kejadiannya: jika terjadi pengembangan software yang mengalami perubahan signifikan pada spesifikasinya makan perubahan tersebut sangat sulit untuk di terapkan (proyek akan kembali dimulai dari awal)
- FLEXIBILITY yaitu sebenarnya proyek IT sangat fleksibel meskipun implementasinya sulit di lakaukan. karena proyek IT bisa di lakukan di mana saja tanpa harus melihat langsung ke dalam area kerja namun juga sewaktu-waktu harus tetap di kontrol contoh: pembangunan jaringan komputer di suatu kantor tidak menyebabkan aktivitas kantor menjadi terganggu atau mati.
Jadi kesimpulannya adalah KARAKTERISTIK PROYEK IT ITU:
- Temporary
- Produk dan jasanya unik
- Perkembangannya secara bertahap ada awal - akhir
- need resource
- harus ada client utama atau sponsor pendukung
- penuh ketidak pastian
- membutuhkan kordinasi dan tim
proyek itu beda-beda karena lain SDM lain orangnya meskipun tujuannya sama tapi hasil akan berbeda
KETERKAITAN ANTARA STRATEGI DENGAN PROYEK:
- strategi adalah arah dan cakupan jangka panjang organisasi dimana untuk mendapatkan keunggulan melalui konfigurasi sumber daya alam dan lingkungan yang akan berubah untuk mencapai kebutuhan pasar dan memenuhi kebutuhan stakeholder pihak yang berkepentingan. Gerry Johnson dan Kevan Scholes buku “Exploring Corporate Strategy”
- strategi sebagai seperangkat keputusan dan tindakan yang menghasilkan formulasi dan implementasi dari rencana yang didesain untuk mencapai tujuan.John A. Pearce II dan Richard B. Robinson Jr., (2003), “Strategic Management, formulation, implementation and control”, Irwin McGraw-Hill.
jadi dengan menggunakan strategi keterkaitan antara stratgei dan proyek saling membutuhkan satu sama lain.jadi kertika proyek mempunyai waktu dalam pengerjaan strategi memiliki peran juga.
KEAHLIAN MANAJER PROYEK
- Menganalisa Klien yaitu manajer proyek yang baik menemui klien mereka, berkomunikasi dan mendiskusikan kebutuhan mereka dengan sangat mendalam.
- Mengelola sumber daya manajer proyek mampu mengelola sumber daya dengan sangat baik tetapi tidak dapat memberikan perhatian yang memadai untuk kegitan lain. dan pengelolaan sumber daya harus di tangani dengan penuh karena banyak yang mengira bahwa proyek di jalankan separo lalu sisanya orang lain. itu merupakan manage yang salah.
- Punya Perencanaan yang baik harus bisa membuat perencanaan yang sesuai dengan apa yang akan dikerjakan.
- Mengoptimasi anggaran-anggaran manajer tidak boleh lupa bahwa investasi yang bagus dapat membatu meningkatkan profitabilitas.
- Memahami manajemen resiko yaitu manajer harus bisa memahami tindakan penyeimbangan yang melibatkan perhitungn biaya untuk berbagai resiko dan mengambil langkah yang tepat untuk meminimalkan resiko.
- Dapat Memanage Orang memiliki keahlian khusus yang harus di lakukan dengan peningkatan pemahaman tentang situasi. misalkan menghindari konflik lebih awal, menangani situasi, melacak kepuasan tim, dan memberi nilai pada anggota tim proyek
Tidak ada komentar:
Posting Komentar